Kenali Pertolongan Pertama Pada Penderita Sesak Napas

Kenali-Pertolongan-Pertama-Pada-Penderita-Sesak-Napas
Foto dari Canva

Sesak napas bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun beragam, mulai dari alergi terhadap sesuatu bahkan memang karena penyakit tertentu seperti asma. Sesak napas biasanya ditandai dengan sesak yang ada di dada dan kesulitan untuk bernapas. Kalau tanda-tanda itu muncul, kamu harus tahu pertolongan pertama bagi seseorang yang menderita sesak napas karena siapa tahu orang terdekat kita mengalami kejadian yang tidak diinginkan ini. Apa saja kira-kira jenis pertolongan pertama yang harus kita ketahui?

1. Jauhkan dari keramaian

Kalau memang seseorang yang sedang terkena sesak napas berada di tempat yang berada dikeramaian, ada baiknya segera bawa ketempat yang lebih tenang dan jauh dari keramaian. Tujuannya agar tidak panik dan membuat kondisi penderita sesak napas stabil.

2. Posisi duduk yang nyaman

Bantu penderita sesak napas agar lebih nyaman dengan memberikan posisi duduk yang nyaman. Bisa juga letakkan banyal di atas punggung atau kepala agar posisinya lebih tinggi dari kaki.

3. Hindari posisi tidur

Lebih baik berikan bantuan untuk membuat posisi duduk yang nyaman dibandingkan dengan posisi tidur. Posisi duduk lebih mudah membuat paru-paru berkembang untuk mengambil oksigen ketimbang posisi tidur.

4. Selalu ingatkan penderita untuk menarik napas dengan dalam

Jika kamu sedang membantu teman atau keluarga dengan keadaan sesak napas, selalu ingatkan mereka untuk bernapas secara perlahan dengan menarik napas melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut.

5. Bantu longgarkan pakaian penderita

Cara lain untuk meringankan sesak napas pada penderita adalah untuk membantu melonggarkan pakaiannya seperti kerah jika dia menggunakan kerah dengan kancing dan bantu untuk melepaskan pakaian jika memang menggunakan pakaian yang tebal seperti jaket.

6. Berikan pijatan

Kamu bisa berikan bantuan lain berupa pijatan di jempol kaki karena jempol kaki merupana titik syaraf paru-paru. Cobalah untuk menekan ruas ibu jari dan lakukan secara perlahan. Hal ini bisa membantu jalannya napas penderita agar kembali normal.

7. Mendapatkan penanganan ahli

Jika masih berlanjut, kamu bisa bawa penderita sesak napas ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut seperti mungkin akan dibantu dengan alat nebulizer atau pertolongan lainnya agar penderita sesak napas bisa kembali bernapas seperti sediakala.

Nah, itu tadi beberapa pertolongan pertama untuk penderita sesak napas apabila ada orang terdekat kita yang mengalami kejadian ini, kamu bisa sigap untuk memberikan pertolongan pertama untuk membantu meredakan sesak napas yang dideritanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.